Selamat Datang di Dunia Aphegz Gagh Baegh dan Selamat Menikmati- Semoga Bermanfaat

Minggu, 09 Oktober 2011

Bersama Membangun PLS JAYA !!!


Pendidikan Luar Sekolah itulah nama program studi ku.. Sampai saat ini pun sebenarnya saya belum tahu benar apa yang dimaksud dengan Pendidikan Luar Sekolah itu sendiri,. Banyak yang mengistilahkan PLS sebagai Pendidikan Luas Sekali, Pendidikan Lucu Sekali, benar juga ada istilah seperti itu, menurut saya pribadi PLS diartikan pendidikan Luas Sekali karena memang pendidikan yang satu ini mencakup banyak unsur di dalam masyarakat kita, apalagi ada istilah pendidikan sepanjang hayat, benar-benar membuat semakin luas sasaran dari PLS itu sendiri, tapi sayangnya PLS masih termarjinalkan dibanding dengan pendidikan formal yang ada saat ini. Padahal kita tahu sendiri, pendidikan luar sekolah atau sering yang disebut dengan pendidikan nonformal ini sangatlah penting bagi kelangsungan hidup seseorang, masyarakat bahkan bangsa dan Negara ini.
Bagi kita melihat kondisi pendidikan sekarang ini, apakah kita akan menyerah karena merasa termarjinalkan oleh pemerintah ? Ataukah kita akan bangkit dengan usaha mandiri kreasi mahasiswa PLS di negeri ini ??
Bukan zamannya lagi sebagai mahasiswa PLS hanya kuliah pulang, terima materi dari dosen pengampu kuliah, mengerjakan tugas, dan nunggu nilai keluar. Melihat dan heran dengan kreativitas teman-teman kalian yang berhasil di berbagai ajang kreativitas mahasiswa, bangga dengan jurusan KIMIA, FISIKA atau yang lainnya. Apakah seperti itu mahasiswa PLS yang katanya sebagai generasi penerus bangsa ??
Mau dimana kita ke depannya ??? Apakah kita hanya jadi penonton setia saja melihat perkembangan zaman dan perubahan di negeri kita ini, INDONESIA…
Sadar bung !!! 2011 gitu!!
Berubahlah kawan, sudah bukan zamannya lagi kita hanya sebagai penonton dan penikmat perubahan saja, berpikirlah rasional, kritis dan kreatiflah hadapi tantangan masa depan kita, masa depan Pendidikan Luar Sekolah.
Sudah saatnya kita berubah membawa PLS JAYA, memang kita kalah “tenar” dengan jurusan-jurusan favorit yang ada di berbagai universitas di negeri ini, kalah IQ kita dengan mahasiswa FMIPA, tapi tahukah kalian yang dibutuhkan untuk sukses di dalam kehidupan bukanlah IQ yang tinggi tetapi adalah kreativitas, tahan banting, kemampuan sosialisasi kita dalam masyarakat. Maka dari itu sangatlah perlu bagi kita untuk survive menghadapi tantangan masa depan tersebut, maksimalkan lah peran sebagai mahasiswa PLS saat ini, tunjukan kreativitasmu membawa nama PLS, lakukan dengan HMJ PLS, UKM, maupun organisasi lainnya  untuk meningkatkan kreativitasmu, karena sebagai orang PLS kalian sangat dituntut untuk kreatif menghadapi permasalahan di masyarakat. Jangan jadikan Dosen sebagai Guru saja, akan tetapi jadikanlah partner curhat akan kebutuhan yang kalian inginkan untuk hidup di dunia ke-PLS-an. Materi ke-PLS-an yang kalian dapat di kelas, terapkan lah di masyarakat melalui program-program HMJ, tuangkan ide kreatifmu untuk membuat desain program yang benar-benar dapat diterima dengan baik untuk masyarakat sasaran, dengan begitu mahasiswa PLS akan belajar melalui pengalaman yang di dapat dari program yang dilaksanakan tersebut. Dengan begitu, secara pelan namun pasti PLS akan diterima dan dimengerti oleh masyarakat yang membuat lulusan PLS juga akan dipercaya untuk mengisi kebutuhan tenaga ke-PLS-an itu sendiri, yang saat ini sering diisi oleh orang yang bukan di kompetensinya.
Untuk itu, sebagai mahasiswa aktif PLS sekarang dituntut untuk kreatif, kritis, inovatif dan survive dalam mengahadapi berbagai tantangan kehidupan kelak, bukan saatnya lagi menunggu panggilan baru bergerak. Butuh keterlibatan berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas Pendidikan Luar Sekolah, maka dari itu kita harus pintar-pintar menyiasati dengan menggandeng berbagai pihak seperti pemerintah dan masyarakat agarmengerti akan pentingnya pendidikan luar sekolah serta tidak memandang PLS sebelah mata.

#bolehlah kita kalah pikiran dengan orang lain, tapi janganlah sesekali kalah dalam unjuk kreativitas
#janganlah terpaku pada sebuah kesempatan, tapi usahakanlah kalian belajar untuk dapat memberikan kesempatan pada orang yang membutuhkan.
#Spesial untuk semua mahasiswa PLS se-INDONESIA, saatnya rubah paradigma sebagai “mahasiswa konsumtif”
By : Akhmad Rofiq (SKANDAL’s 2009/ UNY)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar